6 Mitos di Dunia Komputer yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang!

6 Mitos di Dunia Komputer yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang!

Terlalu banyak mitos yang beredar di sekitar kita. Entah apa tujuannya orang menciptakan mitos, pokoknya adaaaa aja.. Misalnya waktu aku kecil dulu, mamiku pernah bilang jangan suka duduk diatas meja, nanti bokongnya bisulan. Sebenernya maksudnya baik, tapi padahal yang bener itu cuma supaya sopan aja. Dan kali ini saya akan membagikan mitos-mitos di seputar dunia teknologi yang cukup umum~

 

1. Tombol Refresh membuat komputer berjalan lebih cepat / fresh.

Umumnya, kalau komputer mulai terasa agak lambat-lambat gitu kita suka klik kanan terus Refresh bukan? Memang sih, refresh menurut google translate itu artinya menyegarkan. Tapi fungsi refresh yang sesungguhnya itu adalah "menampilkan " ulang apa yang sedang tampil di layar komputer sesuai dengan kondisi terbaru saat ini. 

Contoh penggunaan tombol refresh yang benar misalnya ketika kita baru saja mengedit sebuah file. Ketika kita mengarahkan kursor ke file tersebut biasanya akan muncul keterangan ukuran filenya kan? Nah, ketika ukuran file yang muncul masih belum update, maka tombol Refresh lah yang akan membantu "menampilkan" ulang kondisi terupdate di layar komputer, sehingga file tersebut akan menampilkan keterangan yang tepat. Jadi cuma itu aja fungsi Refresh? Iya.. cuma itu aja..

Lah, tapi abis aku ngeklik Refresh berkali-kali, komputernya beneran jadi terasa lebih cepat lho.. Ya memang. Karena waktu yang dibuang itulah yang membuat komputer terasa lebih cepat, bukan tombol Refreshnya yang bikin cepat.. Bahkan kalau kita mendiamkan komputer sesaat pun juga bisa membuat komputer terasa lebih cepat, karena jeda waktu tersebut sudah digunakan komputer untuk mengolah data. Jadi intinya, tombol Refresh itu nggak ada hubungannya dengan komputer jadi lebih cepat ya~

 

2. Main HP Sambil di-Charge nanti Bisa Meledak

Selama HPnya bukan HP abal-abal, dan chargernya juga bukan charger abal-abal, sangat amat kecil kemungkinan HP akan meledak ketika dipakai sambil main. Kemungkinan terburuk yang umum terjadi ya cuma HP jadi terasa jauh lebih panas, dan membuat umur baterai jadi lebih cepat ngedrop aja. Demi alasan keamanan, ketika baterai HP sudah terasa benar-benar panas sebaiknya udahan aja dulu. Nggak baik buat tangan juga.

 

3. Kapasitas RAM yang Semakin Besar Membuat Komputer Semakin Cepat

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi yang biasanya menyimpan data aplikasi yang sedang digunakan. Semakin tinggi kapasitas RAM, artinya komputer akan semakin mampu membuka beberapa program sekaligus. Mungkin kecepatannya terasa ketika kita yang biasa pakai RAM 1GB tiba-tiba upgrade jadi 4GB, tapi hampir nggak terasa perbedaannya kalau RAMnya dinaikin lagi jadi 8GB atau 16GB sekalipun. Yang membedakan hanya komputer jadi mampu membuka aplikasi lebih banyak. Kalau mau kecepatan yang lebih cepat, mungkin lebih baik kalau lebih berfokus ke prosesor atau menggunakan RAM dengan versi lebih upgrade lagi seperti misalnya DDR4.

 

4. Hukumnya WAJIB untuk Eject / Safely Remove USB Flashdisk Sebelum Dicabut, Kalau Nggak Nanti Datanya Rusa

Aku rasa ini bagian yang masih belum cukup umum. Kadang-kadang kalau misalnya aku langsung cabut Flashdisk tanpa ritual ini orang-orang bakalan nanya dengan wajah cukup panik, "Lho, flashdisknya kok langsung dicabut??". Percayalah,, NGGAK APA-APA KOK.. 

Terus tombol eject itu gunanya untuk apa dong? Tombol eject / safely remove USB itu cuma sekedar tombol yang berfungsi untuk mengecek apakah ada data yang sedang aktif di flashdisk atau tidak. Jadi, selama flashdisk kita tidak sedang dalam kondisi copy file, mencabut flashdisk tanpa eject itu masih kategori sesuatu yang aman tanpa perlu takut flashdisk rusak atau filenya rusak. 

Kalau misalnya flashdisk sedang membuka suatu file gimana? Umumnya, komputer akan menggunakan RAM sebagai penyimpanan sementara, jadi kayak misalnya buka Ms Word di flashdisk terus langsung dicabut, filenya masih tetap ada di komputer dalam penyimpanan sementara, terus flashdisknya rusak nggak? Jelas nggak.. Flashdisk itu nggak serapuh itu kok~ Jadi intinya, selama flashdisk tidak sedang dalam kondisi yang aktif, tidak masalah kok kalau langsung dicabut.

 

5. Antivirus Melindungi Komputer dari SEGALA macam Virus

Mitos ini cuma perlu mengganti kata "segala" menjadi "sebagian besar". Perkembangan virus itu selalu 1 langkah lebih maju dari antivirus. Harus ada virus baru dulu, baru antivirus bisa dibuat. Tapi, virus yang beredar umumnya cuma virus-virus versi lama yang harusnya sudah dimiliki antivirus kok. Jadi tentunya komputer kita jadi lebih aman dengan antivirus. 

Dan kalau mau komputer aman, sangat disarankan kita jangan ngeklik sembarangan kalau sedang di Internet.. SEBAGIAN BESAR virus muncul di komputer ternyata gara-gara kita sendiri yang teledor salah klik ini itu di internet. Antivirus nggak selamanya bisa melindungi kalau untuk urusan yang ini. Jadi tetap hati-hati ya..

 

6. Menghapus Recycle Bin Akan Menghapus File Secara Permanen

Di komputer kita mengenal ada 2 macam penghapusan data. Pertama, menghapus biasa dimana file yang terhapus dibawa ke Recycle Bin. Di tahap ini misalnya kita salah hapus pun masih bisa dikembalikan. Kedua, penghapusan permanen dengan cara menghapus dari Recycle Bin, atau dengan shortcut Shift+Delete ketika menghapus file. Apakah kalau kita menghapus permanen maka filenya akan benar-benar langsung hilang? Belum tentu! 

Sederhananya, ketika kita menghapus file secara permanen, sebenarnya komputer hanya menandai data tersebut dalam status tidak digunakan, dan menambah kapasitas penyimpanan. Ketika kita mengisi penyimpanan dengan data yang baru, barulah data lama yang terhapus tersebut mungkin sudah dalam keadaan benar-benar terhapus. 
Tapi, kalau cuma sekedar menghapus permanen tanpa mengisi data baru di penyimpanan yang bersangkutan, maka bisa dipastikan data tersebut masih bisa direstore lagi. Ada cukup banyak tools yang membantu proses recovery tersebut seperti Recuva, GetDataBack, dsb..

Kabar yang baik bukan, tapi ini juga sekaligus menjadi peringatan ketika kita menghapus file "sensitif", file tersebut masih bisa direstore ulang lho~ kita butuh aplikasi Shredder kalau ingin benar-benar menghapus data sampai tuntas.

 

 

Dari 6 mitos diatas, kira-kira mitos mana nih yang mau dibuang? Semoga bisa membantu membuka pikiran kita ya~ 

 

Sumber : hongkiat.com

Share this Post:

0 Comments

Leave a Comment