Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Karyawan Perusahaan Berbasis Web

Share This Page

 

Dalam sebuah perusahaan, karyawan merupakan sumber daya manusia yang sangat penting.. Tentunya setiap perusahaan menginginkan memiliki karyawan yang kompeten, sopan, dan profesional dalam bidangnya. Karyawan yang ada harus selalu dievaluasi supaya perusahaan dapat melihat perkembangannya, dan memberi apresiasi bagi karyawan yang memenuhi kriteria perusahaan.

Cek juga :
Sistem Informasi Absensi & Penjadwalan Pegawai (HR Information System Lite Version

Mengevaluasi karyawan bukanlah hal yang sulit bagi perusahaan skala kecil dengan jumlah karyawan yang masih sedikit, akan tetapi hal ini cukup merepotkan bagi perusahaan skala menengah dan besar yang harus memonitor dan mengevaluasi karyawan dalam jumlah yang lebih banyak.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, salah satu solusi yang saya tawarkan adalah dengan memanfaatkan sistem informasi. Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Karyawan akan sangat membantu perusahaan dalam merekap, mengkalkulasi, dan melaporkan karyawan terbaik berdasarkan kriteria perusahaan. Berikut ini penjelasan dan screenshot contoh aplikasinya.. :)

1. Log In Form

Log In Form Sistem Penilaian Karyawan

Screenshot diatas adalah halaman Log In yang akan muncul di halaman pertama sebelum sistem ini diakses lebih lanjut. Penggunaannya tentunya seperti biasa, cukup memasukkan username dan password Admin yang sudah disediakan (dan nantinya juga bisa ditambahkan sendiri), maka hanya orang yang memiliki kepentingan saja yang dapat masuk ke sistem ini.. 

 

2. Dashboard

Dashboard Sistem Penilaian Karyawan

Setelah log in sukses, pengguna sistem akan diarahkan ke halaman Dashboard. Halaman Dashboard ini akan berisi statistik data, pemberitahuan, dan laporan penilaian karyawan keseluruhan per divisi di perusahaan. Seluruh informasi yang dibutuhkan perusahaan / admin dapat dilihat di halaman ini.

 

3. Data Karyawan

Data Karyawan Sistem Penilaian Karyawan

Karena aplikasi sistem informasi ini bertugas menilai dan mengevaluasi karyawan, tentunya perusahaan harus menginput data karyawan dulu di page ini. Nantinya, karyawan yang terdaftar inilah yang akan dievaluasi. Data karyawan di halaman ini dapat ditambahkan, diubah, dan juga dihapus sesuai kebutuhan.

 

4. Data Kriteria

Data Kriteria Perusahaan Sistem Penilaian Karyawan

Masing-masing perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan karyawan seperti apa yang patut diberi apresiasi. Karena itu, di halaman ini perusahaan dapat menginputkan kriteria apa saja yang nantinya akan dinilai per masing-masing karyawan.

5. Data Penilaian

Data Penilaian Sistem Penilaian Karyawan

 Di halaman ini nantinya perusahaan akan menginputkan penilaian pada karyawan yang terdaftar sesuai dengan kriteria pada jangka bulan yang dapat dipilih sendiri diatas. Apabila penilaian dilakukan lebih dari satu pihak (misalnya kepala divisi dan HRD), maka admin harus menginputkan data penilaian dari kepala divisi, dan juga penilaian dari HRD. Apabila penilaian hanya dilakukan oleh satu pihak, maka form penilaiannya hanya ada satu saja.. Nantinya data penilaian ini akan disimpan, dan dapat diubah-ubah sewaktu-waktu juga sesuai keperluan.

 

6. Laporan Penilaian Karyawan

Laporan Penilaian Sistem Penilaian Karyawan

The last, but not the least.. Di halaman ini admin dapat melihat laporan penilaian karyawan yang sudah dikalkukasi dalam jangka waktu tertentu. Tentunya datanya akan menyesuaikan dengan jangka waktu yang diinput admin di halaman penilaian. Penilaian disini menggunakan index 0-100, dengan formula yang disepakati oleh perusahaan. Kalau dalam contoh, Formula yang dipakai adalah 30% Absensi, 40% Penilaian Kepala Bagian, dan 30% Penilaian dari HRD. 

 

Seperti itulah aplikasi sistem informasi penilaian karyawan yang saya tawarkan. Tentunya sistem aplikasi ini masih bisa dikembangkan untuk scope perusahaan yang lebih besar, apabila masih membutuhkan fungsi / fitur yang belum terdaftar disini. Apabila berminat menggunakan aplikasi ini, segera hubungi saya untuk info lebih lanjut.. 

 

 

Share This Page

Share Your Comment Here