Aplikasi Sistem Informasi Absensi dan Penggajian (HRIS v2) Berbasis Web

Share This Page

Sistem Informasi Absensi dan Penggajian (SIAP) / Absence and Payroll Application (APA) merupakan sistem informasi yang akan membantu HRD / Top Level Management dalam mengelola data absensi beserta dengan penggajian. Dengan aplikasi ini, pengguna yang dalam hal ini sebuah perusahaan dapat mengetahui dan membuat data penggajian yang sesuai dengan data absensi karyawan yang ada.

Dalam versi terbaru ini, fitur yang disediakan jauh lebih lengkap dari sistem absensi penggajian versi yang sebelumnya, dengan konten yang lebih dinamis dan lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Cara penggunaan dibuat lebih mudah, dan waktu prosesnya yang lebih cepat karena kali ini aplikasi dibuat dengan framework Laravel. Berikut ini sekilas dari Sistem Informasi Absensi dan Penggajian terbaru : 

 

1. Halaman Log In

Log In HRIS v2

Sama seperti aplikasi biasanya, pengguna diharuskan log in dahulu sebelum mengakses aplikasi. Dalam hal ini hak akses dibagi menjadi 2 yaitu Administrator dan HRD. Administrator adalah pengguna dengan hak penuh, dan HRD dibatasi tidak dapat mengakses data gaji. Tentu saja data gaji terbatas hanya untuk pengguna utama saja~

 

2. Dashboard

Dashboard HRIS v2

Di halaman ini pengguna dapat melihat sekilas data keseluruhan, seperti grafik yang menampilkan informasi absensi, dan informasi lainnya.
 

3. Modul Data Master

Modul data master terdiri master karyawan, kode karyawan, divisi, jabatan, shift kerja, hari raya, kode absensi, dan gaji. Data master adalah data utama yang akan digunakan sebagai acuan untuk penggunaan sistem di bagian-bagian lainnya. Di halaman ini pengguna dapat melihat, menginput, mengubah, dan menghapus data. Setiap manipulasi di bagian ini akan mempengaruhi modul-modul lainnya di bagian selanjutnya.

HRIS2 Master KaryawanHRIS2 Master Kode AbsensiHRIS2 - Modul Master Gaji

 

4. Modul Mutasi Karyawan

HRIS Modul Mutasi Karyawab

Modul ini merupakan modul utama yang mencatat data pergerakan mutasi karyawan pada divisi atau jabatan tertentu. Dengan modul ini, kita dapat melihat karyawan yang bersangkutan pernah bergabung di divisi apa dan jabatan apa saja. Secara default, karyawan yang tidak didaftarkan ke mutasi dianggap belum terdaftar ke perusahaan karena penempatan divisi dan jabatannya belum dicatat. Dengan demikian, setiap karyawan baru yang didaftarkan harus dibuat data mutasinya juga. 

HRIS2 History Mutasi Karyawan

 

5. Modul Rancangan Jadwal

HRIS2 - Rancangan Jadwal

Modul ini merupakan modul untuk membuat jadwal kerja selama 1 bulan pada divisi tertentu. Untuk membantu pembuatan jadwal, baris tanggal ada yang berwarna kuning untuk menandakan hari tersebut merupakan hari libur / hari raya. Apabila ada hari raya yang ingin didaftarkan dapat diinputkan di modul master hari raya. Dalam sistem ini, pembuatan jadwal dapat dilakukan langsung di sistem maupun dengan mengupload file Excel. Apabila ada pengguna yang lebih nyaman menggunakan Excel, pilihan kedua mungkin lebih nyaman untuk digunakan. 

HRIS2 - Jadwal Upload by Excel

 

6. Modul Presensi

HRIS2 Modul Presensi

Berdasarkan data rancangan jadwal yang sudah dibuat, pengguna sistem dapat mencatat jam kehadiran karyawan pada tanggal yang bersangkutan. Apabila mengabsen pada jam yang sesuai dengan jadwal, kotak akan berwarna hijau. Tapi apabila jam yang tercatat lebih terlambat atau lebih awal dari yang seharusnya maka akan berwarna merah. 

Berdasarkan jam yang diinputkan, sistem akan mendeteksi keterlambatan, ketidakhadiran, dan juga lembur yang mungkin terjadi. Apabila ada data keterlambatan yang ingin diizinkan dapat diatur di menu keterlambatan, dan apabila ada kondisi tertentu yang membuat karyawan tidak hadir (misalnya tiba-tiba sakit), pengguna sistem dapat mencatatnya di menu ketidakhadiran. 

HRIS Ketidakhadiran

Sama seperti modul rancangan jadwal, data presensi juga dapat diisi secara langsung di sistem maupun dengan mengupload file absensi dalam format Excel. Format file absensi umumnya sangat variatif (beda merk mesin absen, beda format). Dengan begitu menu ini hanya dapat digunakan dengan menyesuaikan dengan tipe mesin absensi otomatis yang digunakan.

Dari seluruh data yang sudah diinputkan, pengguna sistem dapat melihat rekap kehadiran masing-masing karyawan. Apabila karyawan yang bersangkutan hadir secara lengkap, maka karyawan tersebut akan ditandai dengan kolom presensi berwarna hijau. Bisa dipastikan karyawan yang presensinya penuh pasti nantinya akan mendapat gaji lengkap.

HRIS - Rekap Presensi

 

7. Modul Penggajian

HRIS2 - Modul Mutasi Penggajian

Modul ini dapat digunakan apabila data master penggajian sudah dibuat. Dalam modul ini pengguna sistem dapat mencatat mutasi gaji karyawan dari awal masuk hingga saat ini. Data mutasi gaji hanya mencatat gaji, tunjangan, dan potongan yang bersifat tetap / jangka panjang. Akan tetapi data gaji tersebut nantinya bisa terus berubah-ubah tergantung top level management yang akan mengupdate. 

HRIS - History Rekap Gaji

Selain itu, di modul ini juga terdapat menu untuk mengupdate data bonus/potongan bulanan. Data bulanan sifatnya tidak menetap dan harus diupdate setiap bulannya. Nilai yang ada pada bagian ini akan menjadi bagian gaji karyawan pada bulan yang bersangkutan.

HRIS2 - Bonus dan Potongan

Berdasarkan data gaji tetap, bonus dan potongan yang ada maka dapat dibuat slip gaji di menu yang sudah disediakan. Pada menu ini karyawan yang bersangkutan akan dicatat jumlah kehadirannya, dan jumlah gaji yang diterimanya. Slip gaji yang sudah terbentuk dapat diprint untuk diberikan ke karyawan. 

HRIS2 - Slip Gaji Single

Last but not least : THR.. Dalam modul ini sistem akan menghitung lama bekerja karyawan yang terdaftar, apabila sudah melebihi 1 tahun, maka karyawan tersebut mendapatkan THR penuh, dan jika belum mencapai 1 tahun maka jumlah THRnya tidak penuh tergantung berapa bulan sudah bekerja. 

HRIS - Tunjangan Hari Raya (THR)

 

8. Modul Pengaturan

HRIS - Setting

Modul ini berisi manajemen data pengguna sistem dan variabel pengaturan sistem. Setiap perubahan variabel pada bagian ini akan berpengaruh ke sistem absensi dan penggajian ini secara keseluruhan. Untuk keamanan (jaga-jaga suatu saat ada kerusakan perangkat atau hal buruk apapun), sistem ini juga menyediakan fitur backup dan restore. Disarankan backup data dilakukan secara berkala, apabila suatu saat apabila terjadi masalah, data tetap dalam keadaan aman dan cukup update. 

 


Demikian sekilas fitur Sistem Absensi dan Penggajian (SIAP) Berbasis Web versi 2.. Untuk melihat dan mencoba secara langsung, silakan mengunjungi halaman demo di https://www.hris.tianrosandhy.com
Username : admin
Password : 123456

Apabila berminat, silakan menghubungi lebih lanjut melalui contact form dibawah, email, ataupun kontak yang tersedia di bawah untuk negosiasi lebih lanjut~

Share This Page

Share Your Comment Here