Cegah Komputer dan Laptopmu dari Serangan Virus!!

Cegah Komputer dan Laptopmu dari Serangan Virus!!

Siapa coba yang seneng punya komputer virusan? Virus komputer ini terus menjadi masalah utama komputer dari zaman dulu.. Tentunya sebisa mungkin kita akan berusaha menghindari virus di komputer kita ya, umumnya sih dengan masang antivirus, nggak sembarangan nerima flashdisk, dan sebagainya.. Tapi yakin itu aja udah cukup?

Di artikel kali ini saya akan berbagi tips dan trik cukup ampuh yang seenggaknya akan sangat membantu kita lebih pintar menggunakan komputer kita biar nggak mudah dibobol virus.. Nggak ada salahnya ikutin tips-tips berikut ini.. :D

 

 

1.       Cek Aplikasi Startup

Aplikasi Startup adalah aplikasi yang diatur supaya otomatis langsung berjalan ketika komputer baru dinyalakan. Cukup banyak aplikasi yang masuk ke kategori startup ini, contohnya Skype, Yahoo Mesengger, BitTorrent, dsb..

Aplikasi Startup yang kebanyakan kadang-kadang juga bisa bikin komputer kita jadi lambat ketika baru dinyalain, dan selain itu kadang-kadang virus juga suka menyusup di aplikasi startup supaya virus langsung berjalan ketika komputer dinyalakan. Karena itu, kita harus pilah aplikasi apa saja yang boleh berjalan di Startup ini..

Cara mengecek aplikasi Startup : Klik Start Menu, lalu pilih Run (Shortcut : [Windows] + R). Di jendela Run ketik “msconfig” lalu ketik Enter.

Run MsConfig di Windows

 

Disitu akan muncul System Configuration seperti gambar dibawah.. Pilih menu tab Startup untuk melihat aplikasi apa saja yang diset berjalan otomatis ketika komputer dinyalakan.

Tampilan Startup Item di MsConfig

 

Umumnya, kalau kita belum pernah mengatur aplikasi Startup, maka semua kolom Startup Item akan dalam keadaan tercentang semua.. Tugas kita disini adalah menghilangkan centang semua aplikasi, kecuali aplikasi penting seperti Antivirus, atau aplikasi lainnya yang pasti selalu kita buka. Selain itu? Hilangin aja centangnya.. Bahkan kalau ada nama aplikasi yang kita nggak kenal sekalipun juga centangnya dihilangin nggak apa-apa..

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk meringankan beban startup komputer kita, sekaligus memastikan tidak ada aplikasi virus apapun yang berjalan dalam keadaan otomatis. Kalau sudah selesai menghilangkan centang aplikasi nggak penting dan aplikasi nggak dikenal, klik OK lalu restart komputernya.

 

 

2.       Menampilkan Ekstensi File dan File Tersembunyi

Buat yang nggak ngerti apa itu ekstensi, kita awali dengan pengertian ekstensi..

Pengertian Ekstensi

 

Err... Menurut KBBI sih gitu, tapi ekstensi di dunia komputer itu maknanya agak beda jauh.. Simpelnya, ekstensi itu adalah format sebuah file yang dinyatakan dalam singkatan yang pasti ada di setiap file kita di komputer. Misalnya, file Office Word ekstensinya DOC (Office 2003) atau DOCX (Office 2007 keatas), file musik ada yang ekstensi MP3, WAV, M4A, dsb.. File video ekstensinya MP4, AVI, FLV, WMV, dsb..

Ekstensi file ini pada umumnya sih nggak ditampilkan di komputer dengan alasan biar User Friendly.. Akan tetapi, mengetahui file ekstensi ini jadi salah satu hal yang penting biar kita nggak mudah kemakan jebakan virus. Berikut ini cara biar komputer kita bisa menampilkan ekstensi file, sekaligus menampilkan file-file yang tersembunyi di komputer kita.

 

Pertama-tama, kita buka Folder Option di Windows Explorer. Kalo di Windows 8 atau 10, kita cukup klik menu File di pojok kiri atas, terus klik “Change Folder and Search Option”.

Menu Untuk Mengakses Folder Option Win 8>

 

Kalo di Windows 7, menunya ada di kiri atas, di tombol Organize.

Folder Option Windows 7

Kalo di Windows XP, menunya ada di Tools, Folder Options.

Folder Option Windows XP

 

Setelah masuk di Folder Option, kita pindah ke tab View.. Disana akan ada banyak pilihan-pilihan yang bisa kita atur.. Pastikan kondisi centangannya seperti ini

Settingan Folder Option Windows

Di bagian Hidden Files and Folders, kita memilih “Show Hidden Files, Folders, and Drives”, setelah itu di bagian “Hide Extensions for Known File Types” kita hilangkan centangnya, dan juga kita hilangkan centang di “Hide protected operating system files” juga. Kalau muncul peringatan seperti dialog disampingnya, klik Yes aja deh..

 

Kita lihat perbandingannya perbedaan settingan default dengan settingan barusan ketika ada flashdisk (anggepannya berisi virus) dicolokin ke komputer kita..

Settingan Folder Option Default

Nah,, gambar diatas ini tampilan isi flashdisk dengan settingan default. Keliatannya biasa aja sih, tapi keliatannya ada sedikit trap yang hampir nggak kelihatan kalau nggak jeli.. Yups, trapnya itu berupa shortcut.. Sekilas file-file tersebut terlihat seperti file Office Word dan PDF normal, tapi ada icon panah kecil dibawahnya tuh yang berarti itu sebuah shortcut..

Beda ceritanya kalau kita udah pakai settingan menampilkan ekstensi dan file tersembunyi, flashdisknya bakal muncul seperti ini  :

 

Settingan Folder Option yang Disarankan

 

Disana terlihat ada file dengan 2 nama yang sama, tapi yang satu tersembunyi, dan yang lagi satu nggak. File yang satu punya ekstensi, dan file yang lain nggak punya ekstensi (karena shortcut. Tapi kalau di Windows XP biasanya muncul tulisan ekstensi shortcut : LNK). Artinya dengan melihat beginian kita jadi tau dong yang mana yang aman untuk dibuka, dan yang mana yang nggak aman. :D

Oh iya, untuk file-file yang ada di flashdisk, seenggaknya kita harus sangat berhati-hati kalau ketemu format file seperti Shortcut (LNK), Application (EXE), dan Batch (BAT). Kalau udah ketemu file yang nggak dikenal dan ekstensinya seperti itu, sebaiknya langsung dihapus.. Hapusnya juga jangan cuma pake tombol [Delete] biasa, tapi [Shift] + [Delete].. :D

 

 

3.       Mematikan Autorun dan Autoplay

Yang satu ini pun nggak kalah pentingnya. Kalau di tips sebelumnya itu membantu kita memastikan file yang kita buka itu sesuai ekstensi atau tidak, di tips kali ini tujuannya adalah benar-benar mencegah supaya virus nggak langsung berjalan ketika flashdisk / media penyimpanan lainnya dicolokkan ke komputer kita.

Virus biasanya memanfaatkan AutoPlay atau Autorun, supaya virus langsung terinstal di komputer korban langsung ketika perangkat penyimpanan dicolok. Jadi kasarnya ketika flashdisk dicolok, atau ketika kita klik 2x icon flashdisk di My Computer, virusnya langsung jalan gitu.. Sadis ya?

Wujud Autoplay / Autorun itu kayak gimana sih? Itu lho,, yang kalo kita baru nyolok flashdisk suka muncul kotak dialog yang kira-kira kayak gini ..

Autorun dan Autoplay

 

Ketika fitur Autoplay kita matikan, maka kita nggak akan melihat dialog seperti ini lagi.. Tapi dalam saat yang bersamaan juga komputer kita jadi sedikit lebih aman biarpun flashdisk yang dicolok itu isinya virus semua.. Caranya mematikan Autoplay cukup simpel.. Kita buka Control Panel, cari menu AutoPlay. Pastikan di bagian atas, label “Use Autoplay for All Media and Devices” dalam keadaan tidak tercentang.

Mematikan Autoplay di Windows 7 keatas

 

Oh iya, dan satu tips lagi.. Biasakan ketika kita lagi di My Computer dan ingin membuka flashdisk, kita mengaksesnya dari Navigation Pane di samping kiri aja.. Ini bukan kebiasaan buruk untuk dipakai.. Konon katanya sih, ada kemungkinan virus bisa langsung berjalan kalo kita ngklik 2x icon flashdisk di tempat biasa.. Jadi sedikit lebih aman kalo kliknya dari navigasi kiri aja..

Cara Mengakses Flashdisk yang Benar

 

 

 

4.       Perhatikan Taskbar di Browser Sebelum Klik Link Apapun

Umumnya browser pasti memiliki yang namanya Status Bar di bagian paling bawah browser. Jadi ketika kita mengarahkan kursor kita ke sebuah link, biasanya di status bar akan muncul URL alamat yang akan kita tuju.

Cek URL Taskbar Sebelum Klik di Browser

Nah,, tipsnya yang satu ini cuma hati-hati. Jangan sampai kita salah ngklik link yang kita maunya download aplikasi berguna, ternyata yang kita download itu malware.. Misalnya kita lagi di website Tralala.oncom, terus kita mengklik link yang ada tulisan “Download”, ternyata diarahin ke website lain yang nggak jelas kayak ad.xyz.com,, mending hati-hati aja, atau sekalian nggak usah diklik.

Mayoritas virus di komputer muncul ga cuma gara-gara flashdisk, tapi juga gara-gara kitanya salah klik di internet. Apalagi di blog-blog gratisan biasanya banyak iklan-iklan yang menggoda, dan umumnya selalu disisipi malware. So, hati-hati ya guys..

 

Kira-kira itu sebagian dari trik berkomputer yang bisa saya bagikan.. Selain tips dan trik yang udah saya sebutin tadi, jangan lupa juga untuk menginstal yang namanya Antivirus.. Antivirus itulah yang akan menjadi perlindungan terakhir kita dari serangan virus. Semoga bermanfaat, dan bisa membuat kita lebih peka menghadapi serangan-serangan virus di komputer kita..

 

Share this Post:

1 Comments

  1. Lettice

    What's it take to become a sublime expenudor of prose like yourself?

Leave a Comment