Free Aplikasi Rekap dan Monitoring Inventory Berbasis Web

Share This Page

Dalam sebuah perusahaan, jumlah inventory yang terdata dengan yang ada di lapangan harus selalu sama. Untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan sebuah aplikasi yang mampu merekap alur masuk dan keluar inventory tersebut. Kali ini saya ingin share salah satu project simpel yang pernah saya buat, tujuan aplikasi ini hanya mencatat inventory yang diterima, mencatat inventory yang dikirimkan ke divisi, dan juga mencatat item terpakai di suatu perusahaan. Sangat simpel, tapi ini sangat membantu. Barangkali aplikasinya ingin digunakan sebagai referensi tugas kampus juga silakan~ :D

Berikut ini sedikit cuplikasi aplikasi yang akan saya bagikan : 

 

1. Log In Form
Seperti biasa, pengguna aplikasi hanya diberikan untuk orang yang memiliki hak akses. Dalam contoh ini (dan halaman demo), penggunanya masuk dengan username admin, dan password admin juga.

Login Web App Inventory

 

2. Data Master
Setelah pengguna Log In, akan ada menu Data Master yang berguna untuk mencatat inventory, dan nama divisi yang akan digunakan. Seluruh inventory dan data divisi yang tercatat di menu inilah yang akan digunakan di menu-menu selanjutnya.

Data Master InventoryData Master Divisi

 

3. Rekap Stok Inventory
Seluruh inventory yang sudah tercatat di data master akan muncul di halaman ini. Stok awal untuk inventory yang baru didaftarkan adalah 0. Akan tetapi jumlahnya dapat terus diupdate di menu "Terima Barang". Setiap data penerimaan yang tercatat akan langsung memperbarui jumlah stok yang ada di inventory tersebut. Selain mencatat penerimaan, di menu ini juga pengguna bisa mencatat jumlah pengiriman inventory tersebut ke divisi lain. Data-data penerimaan dan pengiriman tersebut dicatat, dan dapat dilihat di menu Detail.

Rekap Stok Inventory

Tambah Data Penerimaan InventoryTambah Data Pengiriman Master Inventory

Rekam Detail Stok Master Inventory

 

4. Rekap Stok Inventory di Divisi
Jika di menu-menu tadi adalah rekapan inventory secara master / keseluruhan, di menu ini catatannya dibagi per divisi. Masing-masing divisi mempunyai detail stok inventorynya masing-masing. Data tersebut akan bertambah apabila ada pengiriman inventory di menu sebelumnya tadi.

Rekap Stok Inventory di Divisi

Stok Inventory Terpakai

Apabila dari sekian stok yang sudah terdata di sebuah divisi ada yang digunakan, jumlah pemakaiannya juga dapat dicatat untuk mengurangi stok yang ada di divisi tersebut. Jumlah pemakaian tersebut akan berdampak pada mengurangnya stok yang ada di divisi bersangkutan, akan tetapi sama sekali tidak mengurangi stok master inventory. 

Tambah Data Stok Inventory Terpakai

 

5. Laporan Inventory di Master dan Divisi
Apabila aplikasi ini sudah digunakan dalam jangka waktu tertentu, tentunya jumlah datanya akan cukup banyak. Pengguna dapat melihat laporan rekap pemasukan dan pengeluaran inventory di Master maupun di Divisi. Apabila ingin dilihat dalam format lebih detail, maka seluruh pencatatan akan ditampilkan secara berurutan untuk melihat pergerakan stok dengan lebih jelas.

Laporan Rekap Inventory

Laporan Rekap Detail

 

6. Periode History
Penghitungan inventory dilakukan secara satu per satu dari data paling awal hingga akhir, sehingga apabila terus dilakukan terus menerus akan berpengaruh ke performa aplikasi yang akan semakin melambat. Untuk mengatasi hal itu, maka data rekap inventory harus ditutup periodenya dalam jangka waktu tertentu. Seluruh rekap data tersebut akan tercatat di menu ini dan bisa diakses kapan saja. 
Data periode yang sudah dibuat tidak dapat diubah-ubah lagi, dan data stok inventory di master dan masing-masing divisi akan direset kembali sesuai dengan stok akhir yang tercatat. 

Ganti Periode Rekap

 

Sekian sekilas aplikasi yang bisa saya bagikan, apabila berminat dapat mencoba demo di https://dev.baliwebapp.com/inventory
Username : admin
Password : admin

Atau mendownload file aplikasi tersebut di https://github.com/tianrosandhy/php-simple-inventory

Share This Page

Share Your Comment Here