Inilah Alasan Mengapa Ukuran Flashdisk yang Terbaca Selalu Lebih Sedikit

14 September 2016 10:41:56

Inilah Alasan Mengapa Ukuran Flashdisk yang Terbaca Selalu Lebih Sedikit

Salah satu hal yang cukup membingungkan ketika aku beli flashdisk yang di labelnya berkapasitas 32GB,, "KOK YANG KEBACA CUMA 28,8 GB?? Sisa 3,2GBnya kemana? Dikorupsiin ya? Beuhh, ane ditipu nok..". Benarkah seperti itu?

Perbedaan kapasitas flashdisk

Hal ini nggak cuma berlaku di flashdisk aja. Harddisk eksternal pun juga seperti itu, dan bahkan "korupsi"nya terlihat lebih sakit.. Dari yang katanya 1TB, yang kebaca di komputer cuma sekitar 931GB.. terus 69 GBnya kemanaaa??

Ternyata, hal tersebut terjadi bukan karena pabrikannya korupsi kapasitas,, tapi karena perbedaan cara penghitungan ukuran device aja.. Pabrikan menggunakan perhitungan berbasis 1 kilobyte = 1000 byte, sedangkan komputer umumnya menggunakan perhitungan 1 kilobyte = 1024 byte. Perbedaan sesedikit itu aja dampaknya besar banget lho..

Misalnya, kita punya harddisk dengan label 500GB. Label 500GB yang tertera itu masih menggunakan perhitungan 1000, sehingga kapasitas sesungguhnya adalah 500.000.000.000 byte. Karena komputer menggunakan perhitungan 1024, yang dibaca di komputer adalah : 
500 GB pabrik = 500.000.000.000 byte
500.000.000.000 byte / 1024 = 488.281.250 KB
488.281.250 KB / 1024 = 476.837,15 MB
476.837,15 MB / 1024 = 465,6 GB

Jadi 500GB pabrik = 465,6GB yang terbaca di komputer. Selisih 34,4 GBnya itu adalah akibat selisih perhitungan antara basis 1000 dengan 1024. Beda sedikit gitu aja dampaknya berasa banget yak? Perbedaan hitungannya nggak seberapa sih, cuma sekitar 6-7% atau paling besar 10% dari kapasitas yang tertulis di awal.

Artinya dengan ini pabrikan dinyatakan tidak korupsi.. Ini cuma perbedaan cara ngitung aja.. Kalo dipikir-pikir lucu aja sih kalau jualan harddisk labelnya 465GB.. Mending pakai angka 500GB aja biar keliatan lebih enak.. :D 
Semoga bisa dimengerti ya.. :D

0
0
SHARE

Contact Me