Kelebihan dan Kelemahan Develop Aplikasi berbasis Website

Share This Page

Sebagai seorang web developer, saya sangat suka mengerjakan segala sesuatu menggunakan teknologi website, termasuk untuk urusan develop aplikasi.. Noo,, bukannya saya nggak bisa bahasa pemrograman lain (padahal emang sih), tapi mendevelop aplikasi menggunakan website itu cukup asik dan menjanjikan lho.. Lihat aja contoh-contoh aplikasi website bikinan saya di https://www.tianrosandhy.com/portfolio Kali ini saya tertarik untuk merangkum apa saja kelebihan dan kekurangannya mendevelop aplikasi yang menggunakan basis website.. :D


Kelebihan : 
1. Easy
Nggak usah dipungkiri lagi, bahasa pemrograman untuk mendevelop website itu terkenal dengan kemudahannya yang sangat amat dan teramat (apalagi PHP). Secara aturan, PHP nggak terlalu strict dibanding bahasa pemrograman lainnya. Dokumentasi untuk menggunakannya pun luas beredar di internet, sehingga kalau kita bingung pun akan cepat ketemu solusinya.. Karena kemudahannya ini juga, pembuatan aplikasi berbasis website cenderung memakan waktu yang tidak terlalu lama. So, kalau butuh aplikasi yang cepat jadi sih memang aplikasi berbasis website solusinya..

2. Good looking UI
Website terkenal dengan kebebasan dan kemudahannya dalam mengatur tampilan dan behavior karena dibantu oleh CSS dan Javascript. Mendevelop aplikasi menggunakan basis website akan membantu aplikasi memiliki tampilan dan pengalaman penggunaan yang lebih menarik daripada aplikasi desktop lainnya. Sekalipun hal ini memungkinkan juga dilakukan di aplikasi desktop, tapi untuk urusan tampilan dan behavior tetap saja website nomor satu.. 

3. Aplikasi dapat digunakan di platform apa saja
Ini adalah salah satu kelebihan yang menjadi poin utamanya, aplikasi berbasis website dapat digunakan di platform apapun (Windows, Linux, Apple, Android, ...), selama terhubung dengan jaringan dimana aplikasi website tersebut dipasang. Dengan begitu nggak masalah kita mengakses aplikasi tersebut dari platform apapun, karena semuanya memungkinkan.


Kelemahan : 
1. Cenderung lebih lambat

Dibalik semua kelebihan diatas, aplikasi berbasis website ini memerlukan sebuah koneksi ke server secara berkala, sehingga butuh waktu untuk loading dari satu halaman ke halaman lainnya. Karena itu, aplikasi berbasis website kurang cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kecepatan diatas segala-galanya, atau untuk mengakses data dalam jumlah yang sangat besar.

2. Butuh pengetahuan bahasa cukup banyak
Ada beberapa bahasa yang harus dikuasai untuk membuat aplikasi berbasis website ini. Yang paling penting cuma 2 sih, HTML (Hypertext Markup Language) sebagai bahasa utama kerangka websitenya, dan satu bahasa pemrograman servernya bisa PHP (Hypertext Preprotocol), ASP (Active Server Page), atau Node.JS. Selain itu kita juga butuh bahasa untuk pengolahan database, kalau yang paling terkenal MySQL, ada juga PostgreSQL, MongoDB, dsb..

Kalau cuma HTML, bahasa pemrograman satu, dan bahasa pengolahan database begitu aja tampilannya masih seadanya, jadi masih butuh bahasa CSS (Cascading Styesheet) untuk memberi tampilan yang menarik. Eh, segitu aja masih belum klop, kita juga perlu belajar bahasa Javascript untuk membuat interaksi aplikasi menjadi lebih menarik. 

Nah, sampai disini sudah berapa bahasa tuh? HTML, bahasa pemrograman utama, bahasa pengolahan database, CSS, dan Javascript aja udah 5. Belum lagi masih ada bahasa-bahasa lain yang belum disebut.. Biarpun belajarnya nggak begitu susah, tetep aja kita butuh pengetahuan bahasa yang cukup banyak ya..

3. Sangat bergantung kepada jaringan
Aplikasi berbasis website umumnya meletakkan aplikasinya di sebuah server yang dapat diakses melalui jaringan tertentu. Kalau yang ingin mengakses jaringannya lagi kumat, ya artinya aplikasi nggak bisa dibuka deh.. Benar-benar tergantung dengan jaringan..

 


Nah, itu dia kelebihan dan kelemahannya yang sudah dijabarkan. Tentunya pilihan tetap ada di tangan kita dong,, intinya aplikasi apapun yang ingin kita develop, manfaatkan kelebihannya sebaik mungkin.. :D

Share This Page

Share Your Comment Here