Key Performance Index System for HRD

Share This Page
Umumnya perusahaan memerlukan alat ukur untuk mengevaluasi efisiensi karyawan. KPI merupakan salah satu alat ukur yang umum digunakan top level management untuk mengevaluasi karyawan. Sistem ini akan membantu pengguna memanage data karyawan beserta laporan KPI karyawan per bulannya.

Demo : 
https://kpi.tianrosandhy.com

Login : 
demo@demo.com / demo123
penilai@demo.com / penilai
penilai2@demo.com / penilai2


Sangat penting bagi sebuah perusahaan mempunyai sistem yang mampu mengukur dan mengelola data efisiensi karyawannya. Alat ukur yang sangat umum digunakan untuk hal ini adalah dengan menggunakan KPI (Key Performance Index), dimana masing-masing karyawan sesuai dengan job descnya masing-masing memiliki parameter penilaian yang berbeda. Berikut ini adalah sistem KPI berbasis web untuk HRD

1. Antarmuka Log In

Log In

Halaman ini berisi login untuk pengguna sistem. Adapun pengguna sistem ini secara default terdiri dari 2 level yaitu Administrator dan Penilai. Akun administrator memiliki hak akses penuh, dan penilai memiliki hak akses terbatas hanya memberi nilai kepada karyawan. Adapun level pengguna sistem di aplikasi ini dinamis dan dapat kita buat sendiri sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Modul Karyawan

Modul ini berisi tabel yang menampilkan data karyawan yang nantinya akan diberi nilai KPI. 

Modul Karyawan 1

 

3. Modul Divisi

Modul ini merupakan modul utama yang nantinya akan berhubungan dengan data KPI yang akan dibuat. Divisi ini dapat diterjemahkan sebagai Jabatan maupun Departemen sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Modul Divisi

 

4. Modul Group KPI

Group KPI merupakan entitas kumpulan beberapa KPI yang digolongkan menjadi sebuah kelompok. Group KPI ini dapat diberikan kepada beberapa divisi sekaligus. Sebagai contoh, divisi Pemasaran nantinya akan memerlukan group KPI tentang Marketing Skill, dan divisi lainnya seperti Front Office juga mungkin saja akan menggunakan group KPI yang sama juga.

Group KPI

Masing-masing group KPI tersebut nantinya akan memiliki beberapa KPI yang akan dijelaskan di modul selanjutnya.

 

5. Modul Perancangan KPI

Modul ini merupakan bagian penjelasan dari modul Group KPI, dimana 1 group KPI dapat memiliki banyak statement / Key Performance Item. Masing-masing item penilaian akan berisi sebuah statement atau pertanyaan dengan bobot tertentu yang dapat kita isi sendiri, setelah itu bobot tersebut akan direpresentasikan dalam range threshold tertentu (misalnya 0 - 100, atau dapat juga dibuat jadi 0 - 10, dsb), Bobot tersebut nantinya yang akan menjadi nilai banding dimana KPI dengan bobot lebih besar akan memberikan efek nilai yang lebih besar juga. 

Perancangan KPI

Update data KPI

 

6. Modul Penilaian

Modul ini merupakan modul utama yang digunakan ketika sistem sudah berjalan efektif. Seluruh karyawan akan dilist pada modul ini dalam periode tertentu. Nilai dan bobot karyawan pada periode tersebut akan muncul apabila data penilaiannya sudah diisi oleh minimal 1 penilai. 

KPI Scoring

Apabila akun penilai ingin memberikan nilai pada karyawan yang bersangkutan, maka tombol Update Skor Karyawan tersebut akan membawa ke sebuah popup yang berisi scoring KPI yang harus diisi. Adapun data group KPI yang muncul di bagian ini dipengaruhi oleh divisi karyawan yang bersangkutan, dan group KPI apa saja yang dimiliki oleh divisi tersebut. 

KPI Scoring 2

 

7. Modul Report

Modul penting lainnya untuk merekap laporan data penilaian karyawan secara keseluruhan. Sistem akan mengurutkan data karyawan pada periode tertentu dari index penilaian tertinggi hingga yang terrendah. Data skor tersebut dapat dicetak dalam bentuk tabel, maupun dicetak per item dalam format detail penilaiannya juga.

Modul Report

Detail Report Printing

 

 

Demikian penjelasan aplikasi Key Performance Index berbasis website untuk HRD. Aplikasi ini dapat anda miliki hanya dengan Rp 2.000.000 Rp 1.250.000 sudah termasuk full bug support (bantuan apabila ada kesalahan sistem yang mengganggu penggunaan aplikasi) apabila digunakan secara langsung tanpa modifikasi tambahan. Jika Anda menginginkan aplikasi ini beserta dengan perubahan atau tambahan lainnya mungkin akan dikenakan charge tambahan lagi.

Silakan hubungi saya melalui kontak di bawah untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut.. Terima kasih..

Share This Page

Share Your Comment Here