Mengenal dan Mengatasi Pesan Error pada PHP [Part 2]

Share This Page

Di postingan sebelumnya, Mengenal dan Mengatasi Error Pesan Error pada PHP Part 1, kita sudah belajar mengenal dan mengatasi pesan error Notice di PHP. Error Notice umumnya hanya berupa peringatan, dimana script kita selebihnya tetap dilanjutkan seperti biasa. Di bagian ini, kita akan melihat jenis error lainnya yang level penanganannya lebih tinggi. 

WARNING

  • [nama fungsi] Expect at least (n) parameter
    Pesan kesalahan ini biasanya muncul ketika kita memanggil sebuah function, terlepas function buatan kita sendiri maupun function bawaan PHP.
    Error Warning Expect Parameter
    Seperti contoh diatas, fungsi explode() pada PHP seharusnya diinputkan minimal 2 parameter, tapi hanya diinputkan 1. Untuk mengatasi error warning seperti ini, pastikan kita menggunakan fungsi yang ada dengan benar. 
     
  • Warning mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, Invalid Arguments Suplied for Foreach
    2 macam error ini sengaja saya gabungkan menjadi 1. Ini adalah error yang erat kaitannya dengan database.

    Terlepas kita menggunakan engine mysql maupun PDO, 2 error peringatan ini bisa muncul hanya karena 1 penyebab yang sama : SQL yang tidak valid. Cara memperbaikinya ya hanya dengan memastikan bahwa SQL inputan kita di perulangan while maupun foreach sudah benar.
     

PARSE ERROR

  • Syntax Error
    Kalau di error-error sebelumnya hanya bersifat pemberitahuan dan peringatan, di Parse Error ini baris coding akan langsung distop eksekusi kalau ketemu error ini.. Parse Error Syntax Error seperti gambar dibawah ini : 

    Error macam ini bisa dibilang gampang gampang gurih.. Gampangnya sih karena dikasi tau baris permasalahannya di sekitar mana, seperti di contoh kan dikasi tau di baris ke-6 sekitar kata ECHO ada yang salah.. Akan tetapi yang kita analisis bukan hanya baris ke-6nya saja, melainkan kemungkinan di 1 baris sebelumnya juga. 
    Kira-kira dari contoh coding saya ketauan nggak salahnya dimana? Apakah beneran di baris 6? Ternyata gara-gara kurang titik koma di baris ke-4 lho.. Nah,, mesti agak jeli untuk mengatasi error macem ini.. :D Hal ini berlaku untuk segala jenis kemungkinan kesalahan.. Lupa titik koma, lupa tanda titik, lupa kurung tutup, dsb.. 
     
  • Unexpected End of File
    Parse Error yang satu ini juga nggak kalah gregetnya..
    Parse Error Unexpected End Of File
    Penyebabnya error udah bener-bener jelas cuma 1 : Ada kurung tutup (biasanya kurung kurawal) yang lupa kita tutup!! Sekalipun di error ini dijelaskan baris keberapa (dalam contoh dikasi tau baris ke-13),, tapi hal itu sama sekali nggak membantu.. Karena baris ke-13 itu nggak ada apa-apa.. 
    Jadi cara mengatasinya? Yaa,, pilihannya cuma antara bikin lagi dari awal, atau ngecekin kurung buka dan kurung tutupnya satu-satu.. Iya gitu aja.. ._.
     

FATAL ERROR
Fatal Error Call to Undefined Function
Untuk error macam ini juga kita cuma perlu modal teliti doang.. Salah sebut / salah ketik nama fungsi akibatnya bisa begini. 
 

BLANK ERROR
Akupun sempet dibikin pusing sama error model satu ini.. Kesalahan yang nggak menampilkan pesan apa-apa.. 
Blank Error
Penyebab blank error itu sendiri adalah antara kesalahan logika, dan juga bisa karena kita membuat IF tanpa ELSE. Jadi ketika kita menjalankan tiba-tiba ada masalah yang tidak kita tahu, terus di coding kita sendiri nggak bikin kondisi untuk mengantisipasi kesalahan macam itu, jadilah blank error.. Kalau kata-kata itu terlalu susah, simpelnya sih coba dibiasakan selalu membuat ELSE pada setiap IF, sekalipun elsenya keliatannya nggak bakal kepake.

Demikian macam-macam error yang sering kita temui ketika bikin website.. Error itu bukan hal yang jelek asalkan kita bisa mengatasinya.. Kalau kita pernah bertemu error PHP lainnya yang belum ada di post ini boleh dishare. Semoga post ini bermanfaat untuk kita semua..

Share This Page

Share Your Comment Here

yulia hadi nuryoso (yuliayuhasyu@gmail.com)
bagaimana jika errornya seperti ini
An uncaught Exception was encountered
Type: Error

Message: Call to undefined method CI_Session::sess_userdata()

Filename: H:\xampp\htdocs\kas\application\controllers\home.php

Line Number: 17

Backtrace:

File: H:\xampp\htdocs\kas\index.php
Line: 315
Function: require_once
26 Maret 2018 10:35:39
Reply (1)
Administrator (me@tianrosandhy.com)
apakah driver sessionnya di CI sudah diaktifkan (didaftarkan di config autoload)? pastikan di config/autoload.php, driver session sudah didaftarkan yak..
26 Maret 2018 10:41:42