Sistem Informasi Absensi & Penjadwalan Pegawai (HR Information System)

Share This Page

 

Sistem Informasi Absensi dan Penjadwalan Pegawai (SIAPP) / Human Resource Information System (HRIS) adalah sistem informasi yang akan membantu top level management dalam penanganan jadwal kerja dan absensi pegawai. Sistem ini terdiri dari beberapa fungsi utama seperti data master, perekapan mutasi karyawan, pembuatan jadwal kerja per divisi, input absensi, data keterlambatan, data lembur, dan juga pembuatan rekap laporan bulanan.

 

Application Demo : http://dev.baliwebapp.com/hris

username : hrisdemo
password : hrisdemo

 

Berikut ini adalah screenshot aplikasi SIAPP saat digunakan : 

Log In ScreenSebelum menggunakan aplikasi, pengguna diharuskan log in dengan username dan password tertentu. Di aplikasi ini level user dibagi menjadi 3 yaitu Super Admin, Administrator, dan Staff. Super Admin memiliki hak akses penuh pada seluruh isi aplikasi, ditambah dengan hak akses menambah user baru. Administrator memiliki hak akses penuh pada seluruh fungsi, dengan keterbatasan dalam memanage user, dan terakhir level staff dengan hak akses menginput data saja.

 

 

Dashboard HRISSetelah log in, pengguna akan diarahkan ke halaman Dashboard. Di halaman ini pengguna dapat melihat statistik dan informasi keseluruhan secara singkat. Beberapa peringatan juga akan muncul di halaman ini apabila ada hal yang harus segera dilakukan pengguna.

 

 

Data Master KaryawanData karyawan merupakan data master utama yang harus dimasukkan. Seluruh informasi karyawan yang dibutuhkan akan disimpan disini

 

 

Master Hari RayaKarena aplikasi ini memiliki fungsi penjadwalan, maka diperlukan data master yang menampung hari raya untuk dapat berfungsi dengan baik. Data hari raya yang dapat dimasukkan dapat berupa tanggal custom, maupun tanggal dengan perulangan tahunan tertentu misalnya seperti Tahun Baru, Natal, 17 Agustus, dsb..

 

 

 

Master Kode AbsenFungsi pengabsenan dibantu oleh kode-kode absen yang disepakati sesuai kebutuhan perusahaan. Masing-masing kode ini nantinya akan berpengaruh pada laporan kehadiran dan absensi.

 

 

Data Mutasi Karyawan

Apabila seluruh data master sudah siap, maka data karyawan dapat diatur posisi penempatan divisi dan jabatannya yang sesuai. Rekap mutasi dicatat, dan dapat diupdate apabila karyawan yang bersangkutan mengalami mutasi perubaha divisi maupun jabatan pada tanggal tertentu.

 

 

Data Jadwal

Data karyawan yang sudah memiliki mutasi sudah dapat dibuatkan rencana jadwal sesuai dengan data master shift dan kode absen yang sudah ada. Rencana jadwal tersebut dapat diprint untuk dibagikan ke divisi yang bersangkutan, dan menjadi acuan kehadiran karyawan di fungsi selanjutnya.

 

 

Data Harian Absensi

Fungsi ini merupakan fungsi yang harus dicek setiap harinya oleh Staff HR. Data jam masuk dan jam pulang karyawan pada hari yang bersangkutan diinput, atau apabila ternyata pada hari tersebut karyawan berhalangan hadir akan dicatat dalam kolom Realisasi. Realisasi berupa data kode absen ketidakhadiran seperti Sakit, Izin, Cuti, dsb. Data jam masuk dan jam pulang yang kosong akan dianggap sebagai ALPA.

 

 

 

Laporan KehadiranBerdasarkan data-data yang sudah diinputkan sebelumnya, pengguna dapat melihat rekap laporan kehadiran karyawan pada periode tertentu. Laporan tersebut dapat diprint dan dijadikan arsip data realisasi absensi karyawan.

 

 

 

Last but not least, 

Rekap KeseluruhanApabila sebuah periode sudah berakhir, pengguna dapat melihat laporan rekap secara keseluruhan. Mulai dari jumlah kehadiran, jumlah lembur, keterlambatan, dan sebagainya. Laporan inilah yang dapat digunakan top level management untuk mengambil langkah selanjutnya..

 

 

Untuk demo yang lebih jelas dan lengkap dari penjelasan diatas, silakan mengunjungi halaman demo : http://dev.baliwebapp.com/hris

Username : hrisdemo
Password : hrisdemo

Apabila berminat untuk memesan atau mengcustom lebih lanjut, silakan menghubungi saya di contact form dibawah.. :)

Share This Page

Share Your Comment Here