Sistem Rekap dan Monitoring Inventory Berbasis Web

Sistem Rekap dan Monitoring Inventory Berbasis Web

Jika sebelumnya saya pernah membagikan aplikasi inventory yang free untuk kalangan developer ( https://www.tianrosandhy.com/blog/free-aplikasi-rekap-dan-monitoring-inventory-berbasis-web ), kali ini saya akan membagikan aplikasi inventory dalam versi yang lebih lengkap dengan harga yang tetap terjangkau untuk menjawab kebutuhan bisnis Anda.

Untuk demo aplikasi dapat langsung mengunjungi : 

https://inventory.tianrosandhy.com
eml : admin@tianrosandhy.com
pass : 123456

Secara garis besar, dalam sistem ini ada beberapa fitur yang cocok digunakan untuk corporate : 

  • Unlimited user. Jumlah pengguna sistem yang tidak dibatasi. Artinya terlepas Anda merupakan perusahaan skala kecil ataupun besar dapat menggunakan sistem ini dengan mudah.
  • Multi level role user. Anda dapat membuat bermacam-macam user dengan role / priviledgenya masing-masing. Memberi akses ke halaman tertentu pada role A, membatasi akses tertentu di halaman pada role B, semuanya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Manajemen stok berbasis settlement yang dinamis. Settlement akan memudahkan pengelompokan data stok yang sudah selesai direkap. Pembuatan settlement dapat dilakukan kapan saja baik setiap hari, setiap minggu, maupun setiap bulan sesuai keinginan Anda.
  • Laporan yang ringkas dan lengkap
  • Dapat disesuaikan dengan flow bisnis Anda. Apabila sistem ini dirasa masih kurang memenuhi flow bisnis Anda yang lebih kompleks, sistem ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut menyesuaikan dengan flow bisnis tersebut.

 

Dibawah ini adalah sebagian cuplikan dan penjelasan dari Sistem Inventory yang dapat Anda gunakan : 

 

Dashboard

Merupakan halaman pertama yang akan kita akses setelah log in ke sistem. Halaman ini berisi ringkasan laporan produk beserta rekap inputan inventory dalam 1 bulan. Data grafik yang dimunculkan dapat disesuaikan kembali melalui filter yang sudah disediakan untuk melihat laporan ringkasan lain.

 

 

 

Data Master

Merupakan halaman untuk manajemen data master yang akan digunakan dalam sistem inventory. Dalam sistem ini ada 3 data master yang dapat kita isi, 2 diantaranya merupakan bagian yang sangat penting : Master data Warehouse dan Master data Produk. Master data Category sifatnya optional karena hanya membantu labeling data master produk. 

Sistem ini baru dapat berjalan apabila data warehouse dan produk sudah diisi. Apabila kita tidak memiliki warehouse, data master warehouse tetap harus diisi misalnya dengan nama "Gudang Utama". Tujuannya adalah supaya ketika kedepannya bisnis kita sudah lebih besar, sistem ini tetap dapat digunakan dengan hanya menambah master data warehouse saja.

 

 

Stock Management

Apabila data warehouse dan produk sudah dibuat, kita dapat mengatur data stok masing-masing produk di halaman Stock Management. Halaman ini berisi ringkasan stok terakhir masing-masing produk di warehouse, beserta data settlement jika sudah pernah dibuat. 

Apabila kita melakukan penambahan record data stok, kita dapat menginput tipe record merupakan penambahan stok (Plus) atau pengurangan stok (Minus) beserta jumlahnya. Data record yang diinput ini akan terkumpul dalam Unsettled Stocks apabila sudah selesai diinput.

 

 

Stock Detail

Pada halaman Stock Management, kita dapat melihat detail pergerakan stok suatu barang dengan menekan tombol Detail. Secara default, setiap inputan rekap stok akan menghasilkan baris data dengan status Aktif yang dapat diremove atau diverify. Data yang diremove akan mengubah status menjadi VOID, dan baris data tidak dianggap dalam rekap stok. Rekap data yang diverify berarti record tersebut dianggap VERIFIED dan tidak akan mengalami perubahan status menjadi VOID. 

 

 

Settlement

Setelah transaksi dalam periode tertentu kita rasa selesai dan sudah cukup untuk dikumpulkan, kita dapat menekan tombol Save to Settlement untuk memindahkan seluruh transaksi Unsettled dalam grup Settled. Secara umum, tampilan halaman Settlement sama seperti Stock Management, akan tetapi data settled tidak dapat dilakukan perubahan apa-apa lagi (karena sudah dianggap settled).

 

 

Report

Dalam menu ini, kita dapat melihat laporan pergerakan stok secara detail berdasarkan filter produk, warehouse, dan periode tanggal yang diinginkan. Laporan dapat diexport dalam format PDF.

 

 

Demo : 

https://inventory.tianrosandhy.com
eml : admin@tianrosandhy.com
pass : 123456

 

Demikian penjelasan Sistem Inventory yang dapat saya jelaskan, apabila berminat untuk langsung menggunakan sistem ini maupun dengan penambahan lainnya dapat menghubungi saya melalui whatsapp di +6289622224614. Terima kasih.

Share this Post:

Related Posts:

2 Comments

  1. Wisnu

    Brapa harga aplikasinya bang

    • Administrator

      untuk harga aplikasinya tanpa modifikasi 1,5jt ya.. apabila ada modifikasi tambahan, harganya bervariasi tergantung tingkat modifikasinya

Leave a Comment